Blog ini dibangun untuk memenuhi salah satu proyek mata kuliah termodinamika dengan dosen pengampuh Apit Faturohman, S.Pd., M.Si.

Sabtu, 21 Maret 2015

PYRANOMETER


Radiasi adalah sebuah energi yang dikeluarkan, dipancarkan atau diterima berupa gelombang atau partikel-partikel elektromagnetik. Untuk mengukur radiasi tersebut dapat menggunakan alat yang disebut Pyranometer.
Pyranometer atau solarmeter digunakan untuk mengukur besarnya pengaruh radiasi cahaya pada permukaan bidang dengan satuan W/m2. Cara kerja alat ini adalah dengan dipasang pada suatu permukaan bidang kemudian dengan adanya hantaman cahaya tepat pada pyranometer sensor, maka akan diteruskan pada tampilan komputer dalam bentuk simpangan besarnya fluks yang diberikan cahaya tersebut.
Nilai maksimum yang memberikan fluks terbesar jika cahaya menghantam sensor sejajar dengan bidang vertikal dan nilai terkecil fluks cahaya adalah saat cahaya jatuh sejajar bidang horizontal, sehingga besarnya simpangan fluks bergantung pada sudut cosinus terhadap sumbu vertikal selain dari besarnya muatan elektron yang menghantam sensor dari radiasi cahaya.
Dengan adanya muatan elektron tersebut dapat diukur dengan rumus medan listrik sehingga simpangan fluks magnet berbanding lurus dengan peningkatan arus akibat penumpukan elektron.
Pada saat kalibrasi, pyranometer diletakan di dalam ruangan gelap tanpa cahaya dan pengaruh medan listrik maupun medan magnet sebagai keadaan ideal saat keadaan normal atau keadaan nol.
Cara Kerja Pyranometer
1. Sinar matahari/radiasi yang datang secara langsung maupun yang dipancarkan atmosfir (radiasi solar global) dan yang dihamburkan langit akan menembus glass dome.
2. Radiasi dengan panjang gelombang sampai dengan 3.0 microns akan diteruskan ke lempeng logam hitam dan putih.
3. Lempeng logam hitam akan mengabsorbsi panas radiasi sementara lempeng putih akan memantulkan radiasi sehingga terjadi perbedaan temperatur diantara kedua jenis lempeng logam ini.
4. Perbedaan temperatur dari kedua lempeng ini dihubungkan ke circuit thermojunctions yang mengubah besaran panas menjadi perbedaan tegangan potensial diantara kedua ujung lempeng.
sumber:http://en.wikipedia.org/wiki/Pyranometer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar