Blog ini dibangun untuk memenuhi salah satu proyek mata kuliah termodinamika dengan dosen pengampuh Apit Faturohman, S.Pd., M.Si.

Minggu, 22 Maret 2015

Pengertian dan Prinsip Cara Kerja Transformator / Trafo, Jenis Transformator

Pengertian Transformator atau Trafo
Transformator atau sering disebut trafo adalah suatu peralatan listrik yang memindahkan energi listrik dari satu rangkaian listrik ke rangkaian listrik yang lain melalui suatu gandengan magnet berdasarkan prinsip induksi elektromagnet. Trafo digunakan secara luas baik dalam bidang tenaga listrik maupun elektronika. Penggunanya dalam sistem tenaga yaitu dengan dipilihnya tegangan yang sesuai dan ekonomis Untuk tiap tiap keperluan, misalnya kebutuhan akan tegangan tinggi dalam pengiriman daya listrik jarak jauh.
Prinsip Cara Kerja Transformator
Prinsip kerja transformator adalah berdasarkan hukum faraday yaitu arus listrik dapat menimbulkan medan magnet dan sebaliknya medan magnet dapat menimbulkan arus listrik. Bila pada salah satu kumparan pada transformator diberi arus listrik bolak balik maka jumlah garis gaya magnet berubah ubah akibatnya pada kumparan primer terjadi induksi. Kumparan sekunder menerima garis gaya magnet dari kumparan primer terjadi yang jumlahnya juga berubah ubah. Maka pada kumparan sekunder juga timbul induksi dan akibatnya antara dua ujung kumparan terdapat beda tegangan.
Jenis - Jenis Transformator
1. Menurut Pasangan Lilitan
Berdasarkan pasangan lilitannya transformator dibedakan menjadi 3 macam yaitu :
-- transformator 1 lilitan
Pada transformator satu lilitan, lilitan primer bagian dari lilitan sekunder atau sebaliknya. Transformator satu lilitan sering disebut juga sebagi auto transformator.
-- transformator 2 lilitan
Transformator dua lilitan mempunyai dua lilitan yaitu sisi tegangan tinggi dan sisi tegangan rendah.
-- transformator 3 lilitan
Trafo tiga lilitan terdiri dari lilitan primer, lilitan sekunder dan lilitan tersier dan masing masing berdiri sendiri pada tegangan yang berbeda.
2.Menurut Fungsinya
-- Transformator Tenaga
Transformator Tenaga ini dibedakan menjadi dua yaitu step up ( menaikkan tegangan) dan step down ( menurunkan tegangan)
-- Transformator Pengukuran
Trafo pengukuran dibagi menjadi dua yaitu Trafo arus dan Trafo tegangan

3. Menurut Phasa nya
-- Transformator satu Phasa
-- Transformator tiga Phasa
Sumber : http://www.masuklis.com/2015/01/pengertian-dan-prinsip-cara-kerja.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar